Assessment Good Governance Badan

BPJS Ketenagakerjaan melakukan evaluasi terhadap penerapan Good Governance dalam bentuk Assessment Good Governance untuk mengetahui kesesuaian Pedoman Good Governance dengan kebutuhan BPJS Ketenagakerjaan serta mengetahui efektivitas dari program penerapan yang dilakukan.

Assessment Good Governance di BPJS Ketenagakerjaan dapat dilakukan oleh pihak internal yaitu Satuan Pengawas Internal maupun oleh pihak eksternal yaitu assessor independent.

BPJS Ketenagakerjaan akan melakukan pengembangan dan perbaikan secara berkesinambungan terhadap pedoman dan penerapan Good Governance dengan mengacu pada hasil evaluasi yang telah dilakukan serta peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Berikut nilai index Good Governance BPJS Ketenagakerjaan dari tahun 2016 – 2022:
- 2022: 96.67
- 2021: 93.75
- 2020: 94.31
- 2019: 95.94
- 2018: 95.75
- 2017: 95.69
- 2016: 95.54

Internal Governance Indicators

Internal Governance Indicators adalah penghargaan atas internalisasi penerapan Tata Kelola Yang Baik (Good Governance) pada unit kerja dengan berlandaskan pada prinsip-prinsip: Transparansi, Akuntabilitas, Responsibilitas, Independensi, Kewajaran dan Kesetaraan, Prediktabilitas, Partisipasi dan Dinamis – sesuai PERDIR/01/012021 tentang Pedoman Tata Kelola Yang Baik di BPJS Ketenagakerjaan.

Internal Governance Indicators juga merupakan salah satu bentuk asesmen/penilaian atas penerapan tata kelola yang baik di unit kerja. Penentuan parameter dilakukan dengan berpedoman kepada 9 area spesifik pada ISSA Guidelines on Good Governance yang disesuaikan dengan proses bisnis di unit kerja, antara lain:

  1. Perencanaan Strategis
  2. Manajemen Risiko
  3. Audit Internal Operasional
  4. Penilaian Aktuaria Mengenai ketahanan dana
  5. Menegakkan Prinsip Kehati-hatian Manajer Investasi dalam Mengelola Investasi
  6. Pencegahan dan pengendalian Kesalahan, Penggelapan dan Fraud dalam Pengelolaan Iuran dan Pemberian Manfaat
  7. Standar Layanan untuk Peserta dan Penerima Manfaat
  8. Kebijakan Sumber Daya Manusia (SDM): Pengembangan, Retensi dan Kaderisasi
  9. Tata Kelola Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Selamat Datang di
Layanan Chat TanyaBPJAMSOSTEK
Hey there! Any question?
Hello!
20m ago
Hey! Would you like to talk sales, support, or anyone?
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry.
Lorem Ipsum is simply dummy text of the printing and typesetting industry. Lorem Ipsum has been the industry's standard dummy text ever since the 1500s, when an unknown printer took a galley of type and scrambled it to make a type specimen book.
Where can I get some?
The standard chuck...
There are many variations of passages of Lorem Ipsum available
Just now, Not seen yet
  • Hats
  • T-Shirts
  • Pants
Mohon Tunggu